Rabu, 28 Maret 2018

Bekerja Sama dalam Satu Tim Kerja Kelompok


Kerja Kelompok

Selama delapan semester berkuliah di Gunadarma bukan satu kali atau dua kali saja penulis mendapat tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok. Selama pengamatan penulis ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemberian tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok.
Kelebihan-kelebihan pemberian tugas kelompok, yaitu:
1. Mengajarkan kerja sama
Sebagai mahasiswa yang akan segera terjun ke dalam dunia kerja, kerja sama yang baik adalah hal mutlak yang harus dimiliki. Dalam dunia kerja, kerja sama adalah hal yang wajar. Jika para individu-individu di dalam tim yang sama tidak memiliki cara bekerja yang baik sudah dapat dipastikan tim tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal. Dengan adanya tugas kelompok ini salah satu tujuannya adalah melatih cara bekerja sama yang baik.
2. Membiasakan diri berdiskusi
Diskusi adalah salah satu cara terbaik dan terefisien untuk mengasah pemikiran-pemikiran kritis dan memperluas pengetahuan para individu yang berdiskusi. Karena hal tersebut lah para pengajar sering kali memberikan tugas kelompok agar para mahasiswa memiliki pemikiran yang kritis dan pengetahuan yang luas.
3. Melatih tanggung jawab
Ada saja mahasiswa yang menganggap remeh tugas individu mereka karena tidak mengerjakan pun hanya dirinya yang mengalami kerugian. Berbeda dengan tugas kelompok, para mahasiswa lebih dituntut untuk mengerjakan tugas mereka karena bukan hanya dirinya sendiri yang akan mengalami kerugian, tetapi teman-teman yang satu kelompok dengannya juga akan mengalami kerugian.
4. Melatih memberikan pendapat
Seringkali mahasiswa takut akan berpendapat karena takut dianggap tidak didengarkan. Kerja kelompok adalah media paling efektif untuk melatih memberikan pendapat.
Dari sekian banyak kelebihan, sudah tentu ada beberapa kekurangan dari pemberian tugas kelompok, antara lain yaitu:
1. Anggota yang apatis
Dalam satu kelompok hampir pasti ada anggota yang hanya menumpang di kelompok dan tidak turut menyelesaikan tugas.
2. Memerlukan waktu yang lama
Bagi mahasiswa, apalagi yang sudah tingkat akhir, waktu adalah hal paling berharga karena kesibukan-kesibukan mereka menjadi berkali-kali lipat. Karena masalah itu lah pengerjaan tugas menjadi terkendala karena harus menyocokkan waktu luang para anggotanya.
3. Kutu dalam selimut
Bila ada pamalas dalam suatu kelompok sudah dapat dipastikan akan mengganggu kinerja kelompok tersebut.
Selain kelebihan dan kelemahan dari pemberian tugas kelompok di atas, ada juga masalah-masalah yang timbul. Dalam pembagian kelompok seringkali menimbulkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah:
1. Pilih kasih
Sering kali ada individu yang tidak dimasukkan ke dalam kelompok manapun. Masalah ini adalah masalah yang sangat tidak mencerminkan diri sebagai seorang mahasiswa. Karena seorang mahasiswa sudah seharusnya bersikap dewasa dan bisa menerima siapa saja dalam pergaulannya.
2. Pengkastaan
Pengkastaan yang penulis maksud disini diukur dari kepintaran individu. Sering kali individu yang mengklaim dirinya pintar tidak mau satu kelompok dengan individu yang tidak sepintar dengannya.
3. Menjadi tugas individu
Ada saja kelompok yang mengandalkan satu orang saja untuk mengerjakan tugas kelompok. Hal ini adalah tindakan yang salah karena seharusnya tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok.
Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, penulis akan memberikan kiat-kiat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
1. Pembagian kelompok dibagikan secara adil
2. Saling percaya sesame anggota kelompok
3. Sabar jika ada individu yang pemalas
4. Dengarkan pendapat orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar