Rabu, 27 Juni 2018

Sikap Menumbuhkan Semangat Juang dalam Belajar


Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia pengertian belajar adalah perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.
Sedangkan menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning (1977), belajar adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat reflex atau perilaku yang bersifat naluriah.
Menurut para ahli, terdapat empat tahapan belajar manusia, yaitu:
1.    Inkompetensi bawah sadar, yaitu tidak sadar bahwa ia tidak tahu.
2.    Inkompetensi sadar, yaitu sadar bahwa ia tidak tahu.
3.    Kompetensi sadar, yaitu sadar bahwa ia tahu.
4.    Kompetensi bawah sadar, yaitu tidak sadar bahwa ia tahu.
Dari pengertian belajar yang sudah dijabarkan di atas, saya jadi mengetahui apa itu kata arti belajar. Dari pengertian-pengertian di atas sebenarnya belajar adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, jujur saja saya sulit untuk memulai belajar karena beberapa hal. Untuk mengatasi kesulitan untuk memulai belajar itu, saya akhirnya mulai merumuskan sikap-sikap untuk menumbuhkan semangat juang dalam belajar.
Sikap-sikap untuk menjadi individu yang memiliki semangat juang dalam belajar:
1.   Rajin membaca
Menurut saya kalimat “buku merupakan dunia jendela” adalah kebenaran. Karena dengan membaca dapat meningkatkan pengetahuan-pengetahuan yang mungkin belum kita peroleh di kegiatan belajar mengajar formal. Membaca juga secara tidak langsung meningkatkan kwalitas hidup seseorang serta menjauhkannya dari jurang ketidaktahuan. Membaca juga akan mengubah cara pandang seorang individu dalam melihat dunia sekitar.
Dan saya percaya, jika saya rajin membaca, suatu saat nanti kehidupan saya akan menjadi jauh lebih baik.
2.   Terapkan ilmu yang didapat di kehidupan sehari-hari
Menurut saya percuma saja ada orang yang luas pengetahuannya tetapi tidak menerapkan pengetahuannya di kehidupannya. Poin ini saya masukkan dalam daftar sikap-sikap yang harus dimiliki jika ingin menjadi individu yang memiliki semangat juang dalam belajar karena dengan menerapkan ilmu yang didapat di kehidupan sehari-hari membuat kita menjadi individu yang lebih bijaksana dan tidak puas dengan ilmu yang dipelajari karena masih banyak ilmu yag belum dipelajari sehingga menimbulkan semangat juang untuk terus belajar.
3.   Berkumpul dengan orang-orang rajin
Jika jika berteman dengan penjual parfum maka kita akan ikut wangi. Maka kalimat tersebut menjadi acuan bagi saya untuk memasukkan poin ini. Bayangkan saja jika kita berkumpul dengan orang-orang rajin sedangkan kita adalah pemalas, bukan kah kita malu jika mereka tetap belajar tetapi kita malah asik bermain?
4.   Perbanyak diskusi
Dengan diskusi membuat kita merasa seakan-akan tidak tahu apa-apa dan masih banyak ilmu di luar sana yang belum kita sentuh. Dengan diskusi juga akan membuat semangat untuk belajar timbul karena tuntutan lingkungan.
5.   Mengingat Tuhan dan orang tua
Kenapa mengingat Tuhan dan orang tua? Karena Tuhan telah memberikan kita otak untuk berpikir dan orang tua telah memberikan kita bahan bakar untuk belajar. Apakah kalian tidak takut telah menyiakannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar